Friday, November 28, 2014

Site Search

OSIS Menumbuhkan Jiwa Leadership yang Amanah

Setelah sukses dengan diklat-diklat sebelumnya, OSIS MAN Tambakberas kembali mengadakan Diklat di akhir masa purna tugasnya. Diklat kepemimpinan (latpim) yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut—21  dan 22 Mei 2010—ini  berlangsung sukses dan meriah dengan jumlah peserta 65 siswa-siswi kelas X MAN Tambakberas Jombang dan pemateri yang handal, Kak Sholahudin.

Pada hari pertama, seluruh kegiatan pemberian materi diklat difokuskan di auditorium MTsN Tambakberas Jombang. Hal ini dikarenakan auditorium MAN Tambakberas masih dalam tahap renovasi. Sebelum materi diberikan, peserta dibagi menjadi 9 kelompok yang terdiri atas 6 kelompok putri dan 3 kelompok putra. Setiap kelompok kemudian diberi tugas untuk membuat yel-yel yang akan dipertunjukkan nantinya. Dan setelah moderator, Kak Arif, menyatakan bahwa waktu membuat yel-yel telah habis, pemberian materi pun dimulai. Materi yang disampaikan tentunya seputar keorganisasian, meliputi susunan struktur keorganisasian sampai dengan bagaiman cara kita memimpin suatu organisasi dengan baik dan benar.

Selama hampir 3 jam pertama pemateri menyampaikan materinya, kemudian berganti sesi tanya jawab oleh moderator, lalu istirahat, kemudian dilanjutkan dengan sholat berjamaah. Setelah itu, saat yang ditunggu-tunggupun datang. Masing-masing kelompok menyayikan yel-yel dan lagu kebangsaan latpim yang wajib dinyanyikan dan dihafal oleh seluruh peserta. Suasana menjadi sangat ramai, dan semangat peserta yang tadinya mulai luntur mulai terlihat kembali. Sedikit adegan-adegan lucu karena banyak peserta yang belum menghafal lirik lagu semakin meramaikan suasana diklat. Setelah kembali fresh, Kak Sholah kembali memberikan sedikit materi yang masih tersisa.

Berbeda dengan hari pertama, hari kedua latpim  berlangsung seluruhnya di luar ruangan (outdoor), tepatnya di halaman kampus Induk dan lapangan basket MAN Tambakberas Jombang. Tak lagi berisi materi, hari kedua latpim hanya diisi dengan games-games mengasyikkan yang dipandu oleh seluruh panitia diklat. Ada Pencarian Harta Karun, Ranjau Air, dan Balon Paku.

Ketiganya merupakan games yang membutuhkan kekompakan dan merupakan cerminan kita dalam menjalankan sebuah organisasi. Sedikit saja ada kesalahan, kakak-kakak panitia akan memberi hukuman. Ini bertujuan sebagai latihan kekebalan mental, karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bermental baja. Di akhir acara, panitia mengumumkan 2 kelompok terbaik dan 2 peserta terbaik.

Kembali ke tema diklat “Menumbuhkan Jiwa Leadership yang Amanah”, tujuan diadakannya diklat ini adalah mencetak generasi-generasi penerus estafet kepemimpinan OSIs MAN Tambakberas Jombang yanglebih baik dan bertanggung jawab. Semoga dengan diadakannya latpim ini akan memunculkan pemimpin-pemimpin dan aktivis organisasi yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Amin. (el/red)



5 Comments

  1. Comments  fajar   |  Thursday, 12 May 2011 at 11:42 pm

    OSIS memang tempat untuk berkreativitas secara totalitas, sekaligus tempat untuk melatih manajemen diri.
    tetap semangat teman, apa yang kau usahakan tidak akan sia-sia..

  2. Comments  leilly   |  Thursday, 26 May 2011 at 1:19 pm

    saya bangga dengan osis MAN:)
    smuga lbih brkualitas kedepannya:)
    semangad buad adegh2 osisku:)

  3. Comments  Ivan_klenteng slameeet marven   |  Monday, 22 August 2011 at 7:55 am

    Assskum,,..
    emm,…….
    yae,…nichh kan liburan stlah liburan osis man menyelengarakan,.?
    kegiatan apa? yae,…
    moga,….kgiatanx,…asyik+seru &bnyk kwan yyg sUka

  4. Comments  wawa elasyari (alumni MANTAB Prog. Kagamaan Th. 1995 )   |  Wednesday, 21 September 2011 at 8:43 am

    Assalamualaikum, halo adik2 OSIS MANTAB, manteb bener programnya…… ana mantan ketua OSIS MANTAB th 1994. menurut ana masa itu adalah era “keterbukaan” MANTAB dg kegiatan di luar. Saat itu mulai ada kegiatan pramuka dan PMR terbentuk sk KIR kita diberi kesmpatan untuk study banding ke sekolah dan/atau MA yg sdh lbh dulu berdiki KIRnya, kita jg difasilitasi mengadakan penelitian diluar madrasahkan bahkan sampai di luar kota jombang hingga saat itu kita bisa meraih juara II tingkat MA sejatim. Di antara kami ada yg terpilih menjadi paskibra kab. jombang.Nach adik2 sekarang harus lebih muateb ! Pesan saya untuk adik2 berorganisasi-lah dg semangat tinggi, tp jangan lupa bahwa di pondok ada program ngaji. Boleh komentar dg fotonya ya ? kok kursi di audoturiumnya masih jadul gitu? Wassalam

  5. Comments  fabiea X-11 27-09-2011   |  Tuesday, 27 September 2011 at 1:45 am

    mantabjoooooe,….
    askuuum kaak….nie adec” klas mooe,….
    heeeemmmz,…jd pngn ikutan coment nue,…
    emang cieh,dlu jadul.pie ckrng makin jooozzt + makin mantaaab jooe.cz ckrng nmbah islamic CeNteR yng mngkilap cat wrnanya n akbar bentuknya,….
    gk rugi bisa msuk cnie,…
    Alkhmdulillah eaaa,sesutu yng ameziing.
    pkoknya oke punya deech,mantab joooe,..

Leave a Reply