Friday, August 01, 2014

Site Search

DRACULA: MITOS ATAU NYATA

Dracula yang kita kenal saat ini sebagai vampir yang haus darah sebenarnya bukanlah tokoh mitologi. Ia memang ada. Ia adalah Vlad Dracula III (1431-1476M), Raja Wallachia Romania yang berkuasa sejak tahun 1456-1462 M.

Dracula dilahirkan di Sighisoara,Transylvania, pada tahun 1431 M. Ayahnya adalah Vlad Dracula II, Raja Wallachia, sedangkan ibunya ialah putri Cneajna of Moldovia. Ia memiliki dua saudara kandung, yaitu Vlad Calugarul dan Radu cel Frumos, serta satu saudara tiri, yakni Mircea.

Sosok Dracula tidak bisa dilepaskan dari menjelang periode akhrir Perang Salib. Dalam babakan Perang Salib tersebut, Dracula merupakan salah satu panglima tentara salib yang sadis dan “ haus darah”. Dalam peran inilah Dracula banyak melakukan pembantaian terhadap umat Islam. Diperkirakan jumlah korban kekejamannya mencapai 300.000 umat Islam.

Korban-korban tersebut dibunuh dengan berbagai cara yang sangat biadab, yaitu dibakar hidup-hidup, dipaku kepalanya, dan yang paling kejam adalah disula. Penyulaan merupakan cara penyiksaan saat si korban ditusuk mulai dari anus hingga kepala (dengan kayu sebesar lengan tangan orang dewasa yang ujungnya dilancipkan).

Tidak jarang Dracula membunuh ratusan orang, baik muslim maupun rakyatnya sendiri yang membangkang, dan tubuh-tubuh mereka ditancapkan di sebatang kayu, lalu kayu itu ditanam sedemikian rupa sehingga tumpukan tusukan tubuh-tubuh tersebut menjadi semacam hutan mayat.

Konon prosesi itu dilakukan ketika Dracula menginginkan kekuatannya kembali. Dilihatnya darah-darah yang mengucur dari tubuh-tubuh itu, dijilatinya, dan terkadang ia memandikan tubuhnya dengan darah tersebut. Maka tak heran jika mitosnya saat ini adlah Dracula dikenal sebagai vampir yang “haus darah” manusia.

Desember 1476 M terjadi perang besar di Wallachia antara tentara Dracula melawan tentara Sultan Mahmed II dari Dinasti Utsmani, dalam peperangan itu Mehmed II berhasil memenggal kepala Dracula di tepi Danau Snagov. Kemudian kepalanya dibawa ke Istanbul sehingga tubuhnya dikubur tanpa kepala di Gereja Snagov.

Pada tahun 1930 M, sekelompok orang membongkar kuburannya. Ditemukan bahwa mayat Dracula tidak ada di sana. Menurut legenda Rumania, tubuh Dracula bangkit, kemudian menyatu dengan setan dan darah sebagai kekuatannya. Dengan ungkapan lain, Dracula menyeberang ke dunia lain, setengah iblis, setengah manusia.

 

Oleh

Maya Pertiwiningrum, S.Pd

Guru Sejarah MAN Tambakberas Jombang

 

 


6 Comments

  1. Comments  rizky rahmatullah   |  Sunday, 05 February 2012 at 9:58 am

    jadi dracula itu benar2 ada…..!

  2. Comments  aam   |  Monday, 20 February 2012 at 3:42 am

    wah ceritanya seru bu,,
    di buat novel aja bu,.,, hehe

  3. Comments  Amin (X6)   |  Saturday, 17 March 2012 at 10:54 am

    itu sumbernya ada g’ bu??
    klo ada dicantumin eaaaah…..
    biar bisa jadi penguat crita ibu,,,, :)

  4. Comments  sudrajad   |  Sunday, 08 April 2012 at 2:24 am

    mengerikan sekali, apa ada kisah lainnya yang lebih menguak mitos-mitos yang belum jelas manuskripnya?

  5. Comments  M Faradina Hanifa   |  Sunday, 08 July 2012 at 9:44 pm

    wah…, sekarang aku baru tau tentang sosok Dracula yang sebenarnya,,

  6. Comments  Endrow Purnama   |  Tuesday, 03 December 2013 at 3:39 am

    ceritanya bagus bu, ternyata yg buat ibu guru sya dulu di MAN, :)

Leave a Reply