Saturday, August 02, 2014

Site Search

MAN Tambakberas Awali Wisuda Purnasiswa

Meskipun kelulusan UN 2012 untuk siswa MA/SMA dan yang sederajat akan diumumkan pada 26 Mei 2012 mendatang, MAN Tambakberas Jombang mengawali dengan wisuda purnasiswa. Ahad, 29 April 2012, terlaksana ”Wisuda Purnasiswa Periode 2011/2012 MAN Tambakberas Jombang”. Sebanyak 482 siswa kelas XII (Agama, Bahasa, IPA, dan IPS) telah diwisuda.

 

Sebuah acara yang bertempat di lapangan induk MAN Tambakberas ini dihadiri oleh lebih kurang 800 undangan. Baik yang berasal dari pulau jawa maupun yang dari luar pulau jawa. Memang tidak dapat dipungkiri, sebuah acara tahunan ini adalah acara paling besar. Bahkan acara wisuda ini adalah acara terbesar di Jawa Timur.

 

Seiring dengan megahnya acara, rangkaian acara pun berjalan selama 300 menit. Tepat pukul 07.30 wisudawan dan wisudawati memasuki tempat pelantikan yang kemudian diikuti oleh dewan guru. Sebagai pemula acara disuguhkan penampilan grup Al-Banjari dan kasidah Al-Jadid MAN Tambakberas. Keduanya menyuguhkan kebolehan dengan sangat apik sehingga membuat audiens terpesona.

 

 

Lalu lalang para undangan masih terus berjalan memadati arena wisuda. Sungging senyum dan takjub terpahat di seluruh wisudawan dan para undangan. Penampilan kasidah sebagai praacara pun berlalu. Acara Wisuda Purnasiswa Periode 2011/2012 MAN Tambakberas Jombang pun dimulai. Lalu lintas acara dipandu oleh Arini Ameliyah (XI IPA 4) dan Heidya (XI IPA 4).

 

 

Rangkaian acara diawalai dengan pembacaan ayat suci al-Quran beserta terjemah dan syarahnya. Pembacaan ayat suci al-Quran digemakan oleh Maulana Asyhar (XI IPA 1), sedangkan penerjemah dibawakan oleh Elvira Azizah (XI IPA 3) dan pensyarah dibawakan oleh Salma Mazkiya (XI IPA 4).

 

 

 

Begitu usai pembacaan ayat suci al-Quran, penerjemahan, dan pensyarahan para hadirin diminta untuk berdiri guna menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh paduan suara. Kemudian dilanjutkan dengan Mars Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang.

 

Waktu telah menunjukkan pukul 08.30. Prosesi pelantikan wisudawan dan mushofahah pun berlangsung. Sebanyak 482 siswa diwisuda. Satu per satu wisudawan disebut nama, jurusan, nama oranguta, dan alamat asal. Kemudian mereka menuju panggung untuk dilantik. Lantunan salawat yang dibawakan oleh paduan suara mengiringi proses pelantikan. Senyum dan haru menghiasi bibir dan hati para wisudawan. Sungguh sebuah seremoni yang sayang sekali untuk dilewatkan bagi siswa kelas XII.

 

 

Agenda selanjutnya, yakni pengumuman wisudawan berprestasi terbaik MAN Tambakberas Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pembacaan pengumuman wisudawan berprestasi terbaik ini dibacakan oleh Bapak Moh. Ilyas, Lc (wakil kepala urusan kurikulum). Terbagi menjadi 4 kategori, yakni (1) wisudawan berprestasi terbaik tinggkat program/jurusan, (2) wisudawan berprestasi terbaik program keterampilan, (3) wisudawan berprestasi terbaik tingkat madrasah (bintang pelajar), dan (4) wisudawan berprestasi terbaik tingkat nasional.

 

Berikut nama-nama wisudawan berprestasi terbaik.

(1) Wisudawan berprestasi terbaik tinggkat program/jurusan.

Moh. Luthfi Athoillah (Bahasa Putra), Zulfa Amalia Wahidah (Bahasa Putri), Faruq Yufarriqu Mufaza (IPA Putra), Alfin Laila Najiha (IPA Unggulan), Nunis Nur Abidah (IPA Putri), Achmad Chumaidi (IPS Putra), Riza Nur Aida (IPS Putri), Muhammad Sihabuddin Nasrulloh (Agama Putra), dan Nur Aini Majidah (Agama Putri).

(2) Wisudawan berprestasi terbaik program keterampilan

Arik Veprianto (Keterampilan Otomotif), Adi Wahyu Kurniawan (Keterampilan Mebellair), dan Annisa Alfisahr (Keterampilan Tata Busana).

(3) Wisudawan berprestasi terbaik tingkat madrasah (bintang pelajar)

Alfin Laila Najiha (IPA Unggulan)

(4) Wisudawan berprestasi terbaik tingkat nasional

Lum’atul Fitria (IPA Unggulan), Sinta Ayu Rohmatika (IPA Unggulan), dan Risyalah Diwandini (IPA Unggulan).

 

 

Begitu usai pembacaan pengumuman wisudawan berprestasi terbaik, dilanjutan dengan sambutan kepala madrasah, Drs. H. Ahsan Sutari, M.Pd. Dalam sambutanya, beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada para undangan. Selain itu, Pak Tari juga berpesan kepada para wisudawan agar selalu bersyukur kepada Alloh, menghormati kedua orangtua dan para guru. ”Selalu bersyukur kepada Alloh, agar nikmat hidupmu selalu ditambah. Hormati kedua orangtuamu dan bapak-ibu gurumu,” pesan beliau.

 

 

Separo acara telah dilalui. Udara memang sedikit membuat tubuh gerah, namun tidak menggoda keiukutsertaan para wisudawan dan para undangan. Sebagai istirahat, ditampilkan sebuah hiburan untuk mengusir sedikit kepenatan. Alfiani, Alumni 2011 yang akrab disapa Fian   memberikan kebolehannya dalam hal seni suara. Ia menghipnotis audiens dengan suara yang merdu sehingga para audien tercengang dibuatnya.

 

 

Acara masih berlanjut. Lanjutan acara adalah sambutan pisah kenang. Secara bergiliran diawali sambutan pisah kenang dari adik kelas oleh Lahij Kamal (XI IPA 1), kemudian diikuti sambutan pisah kenang dari kelas XII oleh Risyalah Diwandini (XII IPA 3). Keduanya tampil secara bersamaan di atas panggung.

 

 

Masih dalam arena sambutan. Sambutan berikutnya, yakni sambutan wali murid kelas XII dalam hal ini disampaikan oleh K.H. Ahmad Junaidi, SH., S.Ag. Dalam sambutannya, wali murid dari Lum’atul Fitria ini mengucapkan terima kasih kepada pihak madrasah dan pondok. ”Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada MAN Tambakberas dan juga kepada pondok. Selain itu, semoga prestasi anak saya dan juga anak panjenengan semua tidak hanya berhenti sampai di sini. Tetapi bisa ke jenjang berikutnya,” ungkapnya.

 

 

Dilanjutkan dengan pidato pengarahan Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, yakni K.H. Moh. Irfan Sholeh, S.Pd. Dalam pidatonya yang penuh dengan humoris, beliau mengajak kepada para undangan dan para wisudawan agar tidak melupakan para leluhur Bahrul Ulum. ”Jangan pernah lupa panjenengan sedoyo untuk mengirimkan Fatihah kepada para leluhur Bahrul Ulum,” amanat beliau.

 

Tak terasa jarum jam telah menunjukkan pukul 11.00. Acara demi acara berlangsung dengan lancar. Sebagai acara puncak, yakni ceramah agama dan kependidikan oleh Dr. K.H. Imam Mawardi, MA dari Surabaya. Dengan gayanya yeng penuh semangat, Pak Imam (sapaan beliau) memaparkan ceramahnya dan juga berpesan bahwa perjuangan kalian (para wisudawan, red) tidak hanya berhenti sampai di aliyah saja, tetapi perjuangan kalian masih panjang. ”Perjalanan kalian masih panjang, tidak berhenti di sini saja. Dan juga, jangan pernah puas dengan prestasi yang telah kalian peroleh, teruslah berjuang untuk meraih prestasi-presatai selanjutnya,” dengan penuh semangat ungkap penceramah yang pernah menimba ilmu di Canada, Amerika Serikat ini.

 

Tepat pukul 12.00, sebagai akhir acara dibacakan doa bersama. Pembacaan doa dipimpin oleh Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, yakni Almukarrom Bapak K.H. Muhammad Hasib Abdul Wahab (lebih dikenal dengan sapaan Gus Hasib). Namun, sebelum beliau memimpin doa, beliau memberikan beberapa pesan kepada para wisudawan agar ilmu yang didapat selama di Bahrul Ulum untuk diamalkan. “Walaupun kelulusan belum diumumkan, saya berharap semoga lulus semua. Dan, jangan lupa ilmu yang kalian peroleh selama di pondok dan di sekolah supaya diamalkan, agar ilmumu bermanfaat,” harap dan pesan beliau. Kemudian, doapun dipanjatkan para wisudawan dan para undangan mengamini dengan penuh keimanan. Selamat jalan anak-anakku. [nifra]


Leave a Reply