Saturday, August 23, 2014

Site Search

Cipta Puisi dari Kandungan Al-Quran

JOMBANG (24/9), wajah serius para peserta Lomba Cipta Puisi Kandungan Al Qur’an menghiasi salah satu ruang kelas di Kampus Timur MAN Tambakberas Jombang. Para peserta hanya diberi tema puisi yang akan diciptakan, yakni Rahmatan Lil ‘Alamiin. “Saya baru pertama kali ikut lomba cipta puisi dan kaget karena hanya diberi tema Rahmatan Lil ‘Alamiin”, tutur Farida Lutfiana, peserta dari Ponpes Al Fatimah Bojonegoro. Waktu penciptaan puisi hanya dua jam dan diambil dua puluh peserta putra putri yang akan ditampilkan di final hari Selasa (25/9) di Aula MAN Tambakberas.

“Peserta berjumlah kurang lebih tiga puluh delapan peserta.”, ujar Bu Realita, salah satu panitia lomba cipta puisi kandungan Al Qur’an Pospeda V Jatim. Salah satu peserta, Vyan Tashwirul Afkar, perwakilan dari Ponpes Darul ‘Ulum Jombang berkata, ia pernah beberapa kali mengikuti lomba sastra, di antaranya lomba menulis cerpen dan telah membukukan karya-karyanya.

“Penilaian diambil dari kesesuaian isi dengan tema, gaya bahasa, orisinalitas, kreatifitas dan penampilan.”, papar Pak Akhudiat, salah satu dari tiga dewan juri dalam lomba cipta puisi ini. Tidak tanggung-tanggung, orang yang dipercaya sebagai juri bukanlah orang sembarangan. Di antaranya Bapak Aming Aminudin yang mempunyai pengalaman di Pospenas dan berdomisili di Sidoarjo.

Hanya perlu waktu dua jam untuk menunggu hasil lomba dan mengetahui finalis yang lolos ke babak final. [arjuna]

Leave a Reply